Senin, 26 September 2011

MCB

MCB

Pengertian
MCB merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi rangkaian dari arus berlebih yang disebabkan oleh beban dan arus berlebih karena adanya hubungan pendek.
Cara kerja
Prinsip dasar bekerjanya MCB adalah untuk memutuskan hubungan rangkaian apabila terjadi beban lebih. Konstruksi di dalamnya berupa bimetal atau perangkat elektromagnet. Bimetal tersebut akan membuka kontak atau memutus
saklar ketika ada arus berlebih. Bila bimetal ataupun elektromagnet bekerja, maka ini akan memutus
hubungan kontak yang terletak pada pemadam busur dan membuka saklar. MCB untuk rumah seperti pada pengaman lebur diutamakan untuk proteksi hubungan pendek, sehingga pemakaiannya lebih diutamakan untuk mengamankan instalasi atau konduktornya.
Keunggulan
Keunggulan penggunaan MCB hampir sama dengan keunggulan yang dimiliki oleh fuse. Bedanya kalau fuse putus, maka tidak bisa dipakai lagi. Sedangkan pada MCB kalau putus dapat disambung lagi dengan cara menekan saklar mekanis yang ada pada body MCB.
ELCB
Pengertian
ELCB adalah sebuah alat pemutus rangkaian listrik ketika terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan grounding pada instalasi listrik. Dan yang lebih penting lagi ELCB bisa memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak antara listrik dan tubuh manusia.
Cara kerja
Cara kerja ELCB ketika terjadi kontak antara listrik dan tubuh manusia,maka arus akan mengalir melalui tubuh manusia ke grounding atau bumi maka akan terjadi perbedaan total arus yang melewati ELCB sehingga akan memicu alat tersebut memutuskan arus listrik seketika. Di dalam ELCB tidak terdapat pengaman thermal ataupun magnetis (kecuali
adanya tambahan komponen). Komponen ini juga tidak dapat digunakan untuk mendeteksi kebocoran arus yang melebihi 6kA.

1 komentar: