Rabu, 12 Oktober 2011

Sistem informasi
Sistem informasi (SI) - atau lanskap aplikasi - adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.
Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
Dengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

Pengetahuan Dasar Internet

PENGETAHUAN DASAR INTERNET



Internet memungkinkan kita untuk bertukar informasi melalui situs-situs yang tersebar dari seluruh dunia. Internet sendiri berawal dari proyek pemerintah A.S. di tahun ’60-an bernama Advanced Reasearch Projects Agency Network (ARPANET) yang diciptakan untuk menemukan jaringan komputer terdesentralisasi yang lalu berevolusi menjadi Internet.


OTHER SYSTEM

Internet bukan sumber informasi elektronik yang pertama atau satu-satunya. Sebelumnya ada majalah teletext, yaitu publikasi elektronik melalui TV dengan menggunakan sinyal TV. Terbentuk dari tulisan dan grafis. Para pelanggan menerima informasi yang sama dan satu-satunya pilihan yang ada adalah halaman yang dapat dilihat kapan saja.


Videotext and PC-Based Operations

Videotext adalah layanan interaktif yang fokus pada grafis. Untuk dapat menggunakannya dibutuhkan keypad, decoder dan TV. Sama seperti teletext, videotext juga mengalami kegagalan di A.S. Sementara itu, lawan mereka yang berbasis PC, contohnya AOL, lebih sukses. Sebagian dari kesuksesan itu disebabkan kelompok pengguna yang jelas.

Evolutions. Para pengusaha menyadari bahwa masyarakat ingin dapat menggunakan Internet tanpa berhubungan dengan organisasi semacam AOL. Sehingga tumbuhlah perusahaan yang berperan sebagai penyalur komunikasi yang menyediakan sambungan dan software yang dibutuhkan untuk mengakses Internet.



WORLD WIDE WEB (WWW)Web adalah serangkaian protocol dan standard yang digunakan untuk mengakses informasi dari Internet, yaitu media fisik untuk membawa informasi.

HTML and URL. HTML digunakan untuk memformat dokumen dan desain dengan kode-kode tertentu. Juga digunakan untuk memasukkan sambungan ke dokumen lain dan layanan Internet. URL dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi dokumen.

Browsers and Search Engine. Browser digunakan untuk mengeksplor web sehingga kita bisa “berkeliaran” di web mencari apa yang dibutuhkan. Beberapa browser yang terkenal adalah Netscape dan Internet Explorer dari Microsoft. Search engine adalah layanan yang membantu mencari apa yang kita butuhkan di Internet. Cukup mengetik kata yang berhubungan dengan apa yang kita cari, maka search engine akan menampilkan semua hal yang ada di Internet sesuai yang kita cari. Search engine yang terkenal diantaranya adalah Yahoo dan Google



INTERNET AND WEB GROWTH

Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan internet diantaranya :

Interface. Web memberikan kemudahan penggunaan bagi para penggunanya karena menggunakan system yang kurang lebih sama dengan PC.

Real-Time Interactions. Dengan real-time interactions, pengguna Internet dapat menghemat waktu. Salah satunya karena Internet menampilkan bagian dari sebuah file, sehingga kita mendapat gambaran tentang file tersebut terlebih dahulu tanpa harus men-download seluruh file. Bagi para produsen, artinya mereka juga bisa mempublikasikan karyanya lewat Internet.

HTML Authoring and Java. Hampir semua orang dapat membuat dokumen berbasis HTML. Apalagi dengan banyaknya alat yang memudahkan pembuatan web page. Dengan menggunakan Java, kita bisa membuat program yang bisa dimasukkan ke halaman HTML.

Virtual Reality Modeling Language (VRML). VRML memperkenalkan konsep virtual reality dalam Internet sehingga kita dapat memasuki lingkungan yang computer-generated.

Cottage Industry and Advertising. Sebagai lingkungan yang berorientasi pada visual, web sangat ideal untuk dijadikan media periklanan. Keuntungannya adalah dapat menyediakan informasi yang lebih banyak, berpotensi mencapai audiens yang lebih luas, dan dapat menciptakan format umpan balik.

Tetapi, berbeda dengan majalah di mana pembaca pasti menemukan iklan saat membalik halaman, iklan yang dipasang di web belum tentu ditemukan orang, kecuali berada di halaman yang banyak dikunjungi oleh orang.




OTHER CONSIDERATIONS

Channel Capacity and Implications
Keberadaannya untuk menjadi saluran komunikasi berkecepatan tinggi menjadi sangat penting bagi Internet. Tetapi koneksi Internet yang digunakan dan jenis file yang di-download sangat berpengaruh dalam kecepatan kerja Internet dan hasil download. Banyaknya data yang ada di Internet menyebabkan pengguna tidak dapat menemukan apa yang dibutuhkannya. Salah satu solusi untuk hal tersebut adalah Internet2 yang memudahkan para pengguna Internet. Walaupun keberadaanya tidak untuk menggantikan Internet.
SecurityFirewalls and Disruptions. Firewall adalah pembatas ditempatkan antara network kita dan dunia luar untuk mencegah gangguan yang tidak diinginkan dan mengganggu bagi network kita.

Other Security Issues. Setelah terjadinya serangan pada World Trade Center bermunculanlah lembaga-lemabaga yang bertujuan mengawasi ancaman dan bahaya yang berkembang di Internet. Namun banyak juga yang mempertanyakan efektivitas dan hasil dari lembaga-lembaga tersebut.

Sales and E-Commerce/E-Business. Internet menyediakan bursa perdagangan, barang maupun jasa, terbesar. Bank dan pelelangan, seperti Ebay, adalah salah satu yang berpartisipasi di dalamnya. E-commerce adalah kegiatan jual-beli lewat Internet. E-business berarti menggunakan Internet dan teknologi pendukungnya untuk melakukan bisnis lewat Internet.

Monthy Python and Privacy. Spamming, istilah yang familiar untuk penggemar Monthy Python, adalah kegiatan mengirimkan pesan kepada ribuan penerima. Spamming dapat mengakibatkan “kemacetan” Internet dan melahirkan program yang secara otomatis menghapus pesan yang dikirimkan kepada banyak pihak.


Sabtu, 08 Oktober 2011

8 TEKNOLOGI TERCANGGIH SAAT INI
Kemajuan teknologi terus berkembang pesat dan membuahkan alat-alat canggih. Bahkan yang dahulunya hanya sebatas mimpi dan khayalan kini bisa terwujud dan menjadi kenyataan! Inilah sebagian kecil teknologi canggih di dunia pada saat ini.

1. Quantum Teleporter

Q-Teleportation telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. “Kami bisa melakukan ekesperimen quantum teleportation untuk pertama kalinya di luar laboratorium universitas,” kata Rupert Ursin, peneliti Institute if Experimental Physics, Universitas Vienna, Austria. Pada Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena itu, Q-Teleportation tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini “menciptakan” replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan “menghilang” selama replikanya diciptakan.
sumber: National Geographic.

2. 360ยบ 3-D Holographic Displays

ZCam™ merupakan kamera video yang bisa merekam informasi hingga ke dalam bagian objek (yang biasa digunakan untuk membuat model 3D) video dan kemudian diproduksi oleh 3DV Systems. Teknologi ini berbasiskan prinsip “Time of Flight”. Pada teknik ini, data ukuran 3D didapatkan dengan cara mengirim gelombang infra merah ke dalam scene video dan mendeteksi cahaya yang direfleksikan oleh permukaan objek pada scene video. Dengan menggunakan variabel waktu yang ditempuh oleh gelombang infra merah untuk mencapai objek target dan saat kembali, jarak bisa dihitung dan kemudian digunakan untuk membuat informasi 3D dari semua objek pada scene.

3. Lightsaber (Pedang Laser)

Yang kita ketahui, pedang ini hanyalah hasil “karya: pada film-film sains fiksi belaka!! Lightsaber terdiri dari logam dan mata pedang berupa plasma sepanjang 1 meter. Lightsaber ini bisa memotong objek tanpa perlawanan sedikitpun. Bisa meninggalkan luka bakar pada kulit manusia. Tapi pedang ini bisa ditangkis, namun dengan pedang lightsaber pula, bisa juga ditangkis dengan perisai.

4. JetPack

Jetpack, juga termasuk alat yang banyak kita temukan di film sains fiksi, yang mana alat ini menggunakan jet yang melepaskan gas (bisa juga air) dan kemudian “menerbangkan” penggunanya. TAM adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang memproduksi paket lengkap kostum yang didesain oleh Rocket Belt menggunakan mutakhir dan juga material aerospace dengan mesin penyulingan khusus untuk memproduksi bahan bakar Hidrogen Peroksida jet anda.

5. Military exoskeleton prototype

Military exoskeleton merupakan sejenis rangka luar bertenaga hidrolik yang dipasang pada militer dan bisa mengangkat hingga 100 kg benda untuk jangka waktu yang lama dan bisa sambil mengelilingi suatu area pula. Desainnya yang fleksibel memungkinkan pengguna untuk berjongkok, bergerak pelan dan “mengangkat” ke atas. Tidak ada joystick maupun mekanisme kontrol lainnya. Kontrolnya menggunakan indra manusia.

6. Flying Car

“Mobil terbang” ini disebut “The Highway in the Sky”. Jika tiap waktu agan terjebak macet, maka dengan menggunakan flying car ini agan bisa berputar dan menukik di angkasa agar bisa sampai di tujuan dengan cepat.

7. Flying Saucer

Ini adalah model kendaraan udara tak berawak dengan bentuk cawan (mirip pesawat UFO uy) yang dibuat oleh sebuah perusahaan di Inggris bernama Aesir.

8. Virtual Goggles

Teknologi telah membawa dunia virtual ke dalam komputer kita sejak lama. Tapi, dunia virtual tersbut sekarang bisa disaksikan di rumah kita. Sebuah ekseprimen yang telah dilakukan selama beberapa dekade, sekarang telah menjadi kenyataan.

Pada gambar di atas, wanita tsb sedang menggunakan device berteknologi virtual bernama iWear VR920 dari perusahaan Icuiti. Alat tsb bisa berfungsi sebagai output video juga sebagai gaming console.